Pages

Kamis, 15 April 2010

My Bro, My Dreams

ini cerpen saya yang kedua yang di post di ICL.... hm... ini fav saya..
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>><<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

Merhaba insalar…… hua saya ketagihan nulis cerpen nih.. masih mau terus banyak belajar.. ini cerpen kedua saya... saya harap bisa lebih baik dari “memories of MOM“…. I hope u like it… just read and left koment yah….… luv u all ^_^…

My Bro, My Dreams….*
Sebuah mobil Honda jazz baru saja terparkir di depan rumahku. Seorang pemuda dengan dandanan rapi turun dari mobil itu. Dia sedikit membenarkan letak kaca matanya dan menyentuh poni nya yang memang sedikit gondrong. ..”bippp” dia memencet remote dan mulai berjalan kearah rumahku. Aku yang melihatnya dari kamarku langsung berlari menuju pintu.
“assalammu’alaikum…” pemuda itu menyapa sambil mengetuk pintu.
“.. wa’alaikummussalam… hhhh… hhhh” aku membuka pintu. Dia tersenyum kearahku.
“lari yah?? dasar!!! Udah gede juga!“
“hehe... kan hari ini sengaja mau balik ke masa lalu..“ kata ku sambil mencibirnya. Dia hanya tersenyum.
“kalau gitu let’s go baby... !!“
“tancap!!!....”
Hoda jazz melaju melewati pinggiran kota… melewati banyak sawah dan sungai.. aku suka karena perkembangan kota metropolitan masih menyisakan tempat ini. meski dengan wajah berbeda…mobil terus melaju melewati tempat-tempat yang dulu sangat familiar denganku..
“bippp“.. dia kembali menekan remote mobilnya.
Aku dan dia sudah sampai di tempat tujuan kami... masa lalu... aku melihat sekelilingku.. melihat jalan yang ada di depanku... disinilah... disinilah semuanya bermula...
....
“Ray!!!!........ Cakka!!!!!!!“ teriak seorang ibu yang berlari-lari sambil melambai-lambaikan tangannya kearah dua orang bocah yang sedang berlari sambil memegangi sarungnya. Kedua bocah itu tidak peduli, mereka malah makin kencang berlari sambil tertawa..
“hahaha......hosh.. hahahha...“ cakka tertawa ketika mereka sudah agak jauh. Ray dan cakka langsung duduk di pinggir jalan setelah cukup kecapean berlari.
“hahaha berhasil juga akhirnya.....“ kata ray sambil mengelap keringatnya dengan tangannya.
“untung aja g ketangkep sama ibu lo..“
“iya... tau tuh ibu maksa banget sih buat nyuruh ngaji..!! mending juga main............“ belum sempat ray melanjutkan kata-katanya tiba-tiba..
“nah!!! Ketangkep yah!!! Ayo sekarang kalian berdua ikut ibu!!“ seorang ibu menjewer telinga cakka dan ray yang hanya bisa kesakitan. Mereka akhirnya nurut digelandang menuju mushola.
“hahahhahahha“ semua anak-anak di mushola langsung menertawakan ray dan cakka yang datang sebagai tawanan.
“pak ustad... titip dua anak bandel ini yah.. susah banget mereka disuruh ngaji, tiap hari kerjanya Cuma main aja… mesti kejar-kejaran mulu kalau mau disuruh ngaji..” kata ibu ray sambil tetap menjewer anak dan keponakannya itu.
“iya bu… saya akan mengawasi mereka..” kata pak ustad yang juga g tega melihat telinga cakka dan ray yang udah merah dan ekspresi mereka yang dari tadi memohon-mohon minta di beri ampun.
Ibunya ray langsung melepaskan jewerannya. Ray dan cakka spontan memegangi telinganya yang sangat merah dan terasa pedih. “awas yah kabur lagi!!” kata ibu ray sambil berlalu setelah sebelumnya tersenyum berterima kasih kepada pak ustad.
“ray… cakka… sudah sekarang duduk yah di lingkaran… ustad tadi mau ngenalin teman baru..” kata pak ustad sambil tersenyum ke arah cakka dan ray. Yah pak ustad memang paling sabar dan g pernah marah ngadepin anak-anak kecil yang bandel seperti mereka.
“nah… anak-anak.. sekarang kalian dapet teman baru,, sini sayang..” pak ustad memanggil seorang anak perempuan lucu dengan kerudung biru kecilnya yang dari tadi ada duduk diam di sudut lingkaran.. anak perempuan itu awalnya malu tapi dia nurut juga sama pak ustad.. anak perempuan itu adalah aku...
“nama kamu siapa sayang?“ tanya pak ustad.. aku menjawab lemah..“sivia..“..
“siapa sayang..?“ tanya pak ustad lagi.....“sivia...“.
“nah anak-anak... kalian punya teman baru, namanya sivia... sekarang sivia kenalan yah dengan teman-teman yang lain. Mulai hari ini kalian sudah jadi seperti saudara..“
Aku melangkahkan kakiku ke mushola yang terlihat sudah tua...Yah.... ini adalah mushola tempat aku bertemu dengan dua orang paling berharga dalam hidupku ketika aku berumur 6 tahun.. mushola tempat kami belajar mengaji bersama ustad rahman yang baik... mushola ini sudah sepi.. padahal dulu sangat banyak anak-anak mengaji di sini. Aku masuk ke dalam.. melihat lemari tua yang berisi banyak Al-Qur’an yang juga terlihat tua.. di luar lemar memang ada yang lebih baru, tapi aku lebih tertarik dengan yang lama..
“bismillahirrahmaanirrahiim... alhamdulillaahi rabbil‘alamin..arrahmaanirrahiim... maaliki yaumiddiin.. iyyaaka na’buduu waiyyaaka nasta’in... ihdinashiraathal mustaqiim.... shiraathal ladziina an-‘amta ‘alaihim.. ghairil maghdluubi’alaihim waladldlaaliin...“ aku mulai mengaji dihadapan ustad rahman ketika tiba-tiba...
“AAAAAAMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIN“ kata ray yang iseng. Pak ustad melirik ray. Ray diam dan langsung nunjuk cakka yang lagi asik dengan juz amma-nya.. mereka memang sudah mulai menghapalkan juz amma.. nanti juga aku akan menghapal seperti mereka... pak ustad sedikit menggeleng.. ray langsung diam dan pura-pura sibuk dengan juz amma-nya..
“ray... sekarang giliran kamu... surah at tiin sudah hapal??“ kata ustad rahman sambil tersenyum.
“yee... ustad, al ikhlas aja masih belum lancar...“ kata ray manyun.. dia harus mengulang lagi hapalannya untuk ke tiga kalinya di minggu ini.. belum boleh lanjut kalau belum hapal. Ray maju menghadap ustad rahman..
“makanya…. Jangan bandel!! Gimana bisa hapal kalo tiap hari bandel… liat tuh cakka udah lancar..”
“ustad g tau aja siapa yang paling bandel..!!” aku Cuma tersenyum melihat anak laki-laki itu. Cakka yang dari tadi sibuk dengan juz amma-nya Cuma tersenyum kalem karena di puji ustad rahman.
……
“hei!!!!” panggil ray dan cakka.. aku yang sedang berjalan menuju rumahku langsung menoleh kearah dua bocah laki-laki itu.
“ada apa??”
“ni… ketinggalan di mushola tadi…” cakka memberikan sebuah bamboo kecil yang memang aku pergunakan tadi untuk mengaji..
“oh… makasih yah…” aku girang menerimanya. Itu memang bambo kesayanganku..
“eh nama lo siapa? Tadi belum kenalan…“ tanya ray..
“sivia….”
“aku ray…. Dan ini.. sepupu ku cakka… kita tinggal di deket SD.. lo baru pindah yah.. ?”
“iya.. “
Yah perkenalan singkatku dengan ray dan cakka hanya karena sebatang bambu kecil…. Tapi sejak itulah aku memiliki mereka.. dua sahabat sekaligus saudaraku…
………
“via !!!! “ panggil ray dan cakka yang berlari menuju ku…
“kenapa nangis ? “ kata cakka yang seragam sekolahnya sudah keluar sana-sini. Ray benar… cakka memang lebih bandel, dia sama sekali g peduli tiap hari kena marah bu guru karena seragamnya yang g pernah dia rapihkan, selalu ada sisi yang keluar… dia juga sedikit emosian sama teman-teman yang lain..
“iya kenapa sampai nangis gini?? “ tanya ray mendekatiku.. aku menatap 2 sahabatku itu… sudah empat tahun kami bersahabat. Mereka lah yang selama ini selalu menemaniku… kami tertawa bersama, bermain hujan bersama, kena marah bersama… tapi satu hal yang membuat mereka spesial… mereka juga yang selalu melindungiku..
“…. Sion…..hh... hhhghh..“ aku berkata lemah sambil sesegukkan..
Cakka langsung keluar dari kelas. Dia tau sion memang sering banget ngusilin temen-temennya.. ray ngebuntutin dia dari belakang.
“sion!!!!“ teriak cakka ke arah lapangan.
“apa lo??“ kata sion menantang.
“lo tu yah!! Kenapa sih hobi banget gangguin via…?? salah apa dia sama lo ?? “ kata cakka sambil mendorong bahu sion.
“ eh.. santai aja yah… aku g ngapa-ngapain dia kok… aku Cuma ngomong aja.. “ sion cuek, dia merasa aman bersama teman-temannya..
“lo ngomong apa ?? hah !!! “ cakka sudah melotot ke arah sion. Ray menahan tangan cakka..
“ g banyak… Cuma… ANAK YATIM !!!... “ kata sion tepat di depan muka cakka.. tanpa pikir panjang cakka mendorong sion hingga jatuh.. mereka bergulat di lapangan sampai..
“BERHENTI!!!!!!“ teriak pak Oni.. kepala sekolah kami.. sion dan cakka spontan memisahkan diri.. baju mereka yang tadinya putih.. sudah penuh tanah..
“ikut bapak sekarang!!! Dasar anak bandel!!!“ pak oni mengelandang mereka ke ruang kepala sekolah. Ruangan yang angker, hanya ada dua tipe anak yang bisa masuk kesana.. anak super pintar atau anak nakal.... dan kali ini cakka adalah katergori kedua... aku dan ray hanya bisa menatap dari kejauhan.
“cakka!!! Sion!!! Kenapa kalian bertengkar?? Sudah berulang kali kalian saya lerai... saya peringatkan.. tapi kenapa masih diulangi??!! Mau jadi jagoan kalian??!! Jangan sekolah kalau mau jadi jagoan!! Pergi ketempat preman-preman sana!!“ cakka dan sion hanya tertunduk.
“sion pak!! Dia yang mulai..“ kata cakka sambil menatap pak oni tajam.
“enggak pak !!! cakka yang dorong saya !!” sion g mau kalah. Cakka dan sion sudah saling dorong-dorongan.
“sudah…!! sudah… !! bapak tidak mau mendengarkan kalian saling menyalahkan!! Kamu cakka… kamu memang anak berprestasi.. tapi coba kamu berubah menjadi lebih sopan, lebih nurut.. bapak tau kamu itu anak yang baik sebenarnya… dan sion… kamu juga.. jangan suka seenaknya di sekolah ini!! walau kamu anak saya… kamu g boleh seenaknya di sini.. ini bukan sekolah kamu!!! Status kamu sama dengan yang lain!” pak oni memarahi sion. Sion memang sangat merasa berkuasa di SD karena dia adalah anak kepala sekolah. Pak oni yang tegas harus menahan malu di depan guru-guru karena kelakuan anaknya. Sion diam.. selama ini pak oni g pernah semarah itu sama sion.
“sudah sekarang kalian keluar!! pulang sekolah kalian harus membersihkan satu sekolah ini dari sampah!!!“ cakka dan sion langsung keluar dari ruangan itu.
......
“cakka, gimana tadi?“ tanya ku ketika cakka baru keluar dari ruang kepala sekolah. Cakka tersenyum kearah aku dan ray..
“g kok... Cuma disuruh ngebersihin sekolah..“ dia langsung melewati aku dan ray..
“ah lo cak... udah aku bilang tahan juga.. kenapa lo langsung dorong sion sih??“ kata ray sambil menyusul cakka.
“yah aku gak tahan aja... dia itu sudah keterlaluan ray..“
Aku menatap cakka... ma kasih cak... cakka memang yang paling marah kalau ada yang mengejekku anak yatim. Yah aku memang anak yatim.. papaku meninggal ketika bertugas di Aceh sebagai TNI.. itulah mengapa aku dan mama pindah kesini.. dan cakka.... dia sama sepertiku.. malah dia sudah kehilangan kedua orang tuanya ketika kebakaran di rumahnya, hanya dia yang selamat.. itulah mengapa dia tinggal bersama ray.
........
“cakka!!!!“ panggil ibu ray dari kejauhan.. cakka menghampirinya.. dia tau ibu pasti akan ngomel lagi..
“sudah ibu bilang berkali-kali... jangan jualan koran!! Jangan jualan!! Kenapa kamu g mau nurut sih.?? Apa kata orang-orang nanti..??? ibu g ngasuh kamu dengan baik.. ibu jahat sama kamu..“
“enggak kok... ibu orang paling baik.. cakka sayang ibu.. cakka g mau nyusahin ibu...” kata cakka sambil tetap memegang setumpuk korannya. Ibu ray menatap cakka iba… Ray ada disamping cakka.. sambil tetap nyengir.. ray memang sudah biasa ngelihat adegan ini..
“ray!! Cakka!! Pokoknya sekarang pulang!!” kata ibu sambil membalikkan badannya..
“iya bu… tapi bentar lagi.. tanggung ah, ini tinggal setengah..” kata ray.
“kalian ini!!! pokoknya cepetan pulang !! ibu tunggu di rumah!!” kata ibu ray sambil berlalu. Dia sudah berkaca-kaca.. cakka… kamu…
Cakka dan ray langsung tersenyum dan kemudian kembali menuju SPBU.. “Koran… Koran…. Koran…Koran…”
Aku sedang istirahat dipinggir SPBU sambil melihat adegan yang memang sudah sering terjadi. Di tangan ku ada wadah telur asin yang dari tadi aku jajakan... yah cakka lah yang mengenalkan aku dan ray dengan dunia kemandirian... cakka yang awalnya sendirian berjualan koran, aku dan ray sering ditinggal main berdua aja, tapi karena g asik kalau g bertiga.. aku dan ray juga jadi ikut-ikutan jualan koran.. dan ternyata asik.. punya uang dari hasil keringat sendiri itu bukan main senangnya,.. tapi sekarang aku memilih berjualan telur asin buatan ibu.. ibu ku sendiri sudah g bisa melarangku.. dia sudah sakit-sakitan, mana tega aku melihat dia sendiri yang menjajakan telur asin ini.. jadilah aku membantu ibuku menjual telur asin yang dia buat di rumah...
“vi... PR-nya udah?“ tanya cakka ketika korannya sudah tinggal 3 lagi.. dia dan ray menghampiriku di teras Mushola SPBU.
“udah.. nih..“ kataku sambil mengeluarkan buku dari tas kecilku.. tempat aku meletakkan uang hasil berjualan. Telur asinku sudah habis terjual tadi.
“liat yah...“ kata ray sambil menyambar buku ku.. aku dan cakka hanya bisa tertawa..
Kami memang terbiasa belajar bersama disela-sela waktu bermain, eh waktu bekerja… bukan ini memang waktu bermain.. kami melakukannya bukan dengan tuntutan seperti bekerja..
……..
“assalammu’alaikum… usatad…” aku, ray dan cakka datang ke mushola.. kami memang mengaji malam sekarang.
“wa’alakummussalam.. wah 3 saudara ini udah datang rupanya… gimana tadi harinya?” ustad rahman menyambut kami dengan ramah.. yah hanya kami bertiga yang aktif mengaji malam.. teman-teman yang lain masih mengaji di sore hari.. kalau sore kami lebih memilih untuk jualan dan belajar..
“hehehehe biasa ustad… cakka masuk ruang kepala sekolah lagi hari ini..” kata ray sambil menunjuk cakka. Cakka hanya tersenyum malu. Ustad memang sudah biasa sekarang mendengar kebandelan cakka.
“cakka… cakka…. Kenapa lagi kali ini..?” Tanya ustad rahman sambil mendekati cakka.
“sion ustad.. tadi bikin sivia nangis lagi.. dia masih aja sering ngejekin sivia..” kata cakka jujur.
Ustad rahman mengerti.. dia menatap cakka dan aku.. “cakka... lain kali.. kamu jangan berkelahi lagi.. biarkan orang berbicara seenaknya.. peringatkan saja dengan kata-kata yang baik, kalau dia tidak mau berubah biarkan saja.. do’akan dalam hati agar dia diberi hidayah...“ cakka mengangguk mendengar nasihat pak ustad..
“sivia.... kamu juga jangan sedih yah.. kalau kamu diejek, biarkan... jadikan itu cambuk semangat.. kamu jauh lebih mulia sayang... kamu tau kan betapa mulianya anak yatim yang salihah di mata Allah?.. anggapan manusia itu tidaklah penting sayang..“ kata ustad rahman sambil menatapku lembut. Aku tersenyum dan menanamkannya di dalam hatiku..
“dan.. kamu ray… yah , kamulah yang bertugas untuk menjaga dua saudara kamu agar tidak cepat marah atau pun sedih.. ustad yakin kamu bisa…” ray juga tersenyum..
“tenang ustad… akan ray usahakan..“ kata ray sambil nyengir.. ustad tersenyum.
Kami pun mulai mengaji dan menyetor hapalan masing-masing… cakka sudah tinggal beberapa surat lagi komplit menghapal juz 30.. aku juga g kalah.. sedangkan ray… dia masih lebih lambat dari kami… masih setengah juz lagi..
………
“selanjutnya juara untuk kelas 5…. Juara ketiga…” aku, cakka dan ray deg-degan… kami sudah berusaha semaksimal mungkin. Selama ini kami memang sudah langganan juara 3 besar, tapi entah kenapa setiap pembagian rapot kami selalu deg-degan..
“cakka…..” bu uci ,wali kelas kami, menyebutkan nama cakka diiringi tepuk tangan oleh teman-teman sekelas… cakka maju kedepan.. ini pertama kalinya cakka juara ketiga.. biasanya dia langganan juara 1..
“juara kedua….” Aku dan ray masih deg-degan di bangku masing-masing…
“ray….” Tepuk tangan teman-teman sekelas kembali terdengar….Ray nyengir dan maju ke depan kelas…
“dan…. Juara pertama kita….. sivia azizah….” Semua teman-teman bertepuk tangan....dan menyalamiku.. aku maju kedepan kelas. Cakka dan ray menyambutku.. kami bertiga langsung ber hi-five..
Bu uci memberikan selamat kepada kami bertiga dan tentunya... hadiah... kami masing-masing mendapatkan bingkisan kecil dari bu uci.. ini sudah jadi tradisi di sekolah kami dari kelas 1.. dan tradisi juga bagi kami bertiga untuk saling menukarnya..
“dapet apa vi??“ tanya ray sambil membuka bingkisannya.. kami duduk di bawah sebuah pohon besar yang ada di depan rumahku.
“kotak pensil... kamu?“ tanyaku..
“ini... diary kecil... wah bu uci ada-ada aj nih… kalau lo cak ?“ tanya ray..
“aku.. dapet ini…. “ cakka meunjukkan sebuah gantungan kunci yang bertuliskan japan..
“wah cocok banget sama kamu cak… lo kan emang suka jepang…“ kataku.
“ jadi mau tukar g nih ? “ tanya ray sambil memegang diary yang jadi hadiahnya.. cakka sedikit bimbang..
“g usah deh.. “ kataku… aku tau cakka pasti berat melepas gantungan kunci itu.. walau itu hanya gantungan kunci.. tapi itu jepang..
“gak vi… kita mesti tetap tukeran.. kita udah janji dari dulu, setiap dapet hadiah mesti tukaran… agar kita tetap merasa saling memiliki…“ kata cakka yang mengajukan gantungan kunci di tangannya.. ray dan aku hanya bisa menatap cakka.. dia serius..
Akhirnya kami melakukan pertukaran… diary ray jadi milikku… kotak pensil ku jadi milik cakka… dan gantungan kunci jepang jadi milik ray..
Kami pun tertawa bersama kembali..
………
Hari ini hari kami kelulusan… cakka, aku dan ray lulus dengan peringkat tiga besar lagi… nim tertinggi akhirnya diraih oleh cakka.. sejak kelas lima semester 2 dia sudah kembali juara 1 lagi. Aku ada di posisi ketiga.. ray semakin rajin dan pintar aja.. susah banget ngalahinnya..
“via…. “ panggil sion.. aku yang dari tadi bersama cakka dan ray menoleh. Sion mendekati kami bertiga. Dia mengulurkan tangannya..
“maaf yah…. “ aku menatap sion.. dia memang sudah g mengejekku semenjak ayahnya marah besar karena diberi tahu oleh guru-guru bahwa alasan cakka mendorongnya waktu itu karena dia mengejekku. Tapi… baru sekarang sion meminta maaf… tepat ketika hari kelulusan… aku menatap cakka dan ray… mereka berdua mengangguk…
“iya… “ aku menjabat tangan sion sambil tersenyum. Sion kemudian lega.. dia menyalami ray dan cakka juga..
“maaf yah bro waktu itu…” sion menjabat tangan cakka.. cakka menepuk pundaknya..”yah.. sama-sama.. maaf sudah ngedorong lo..”..
“maaf ray..”.. ray hanya mengangguk.. dia sekarang memang lebih kalem....
Pulang dari sekolah kami g langsung pulang.. aku, ray dan cakka berlari-lari sepanjang jalan , main-main di SPBU... menyalami kakak-kakak pegawai disana.. menyalami kakak agen koran kami.. menyalami semua yang ada di sana.... ke rumah ustad rahman.. ke rumah ray... menyalami ibu ray yang menangis terharu dan akhirnya menuju rumahku......
“hm... g terasa kita sudah tamat...“ kata cakka ketika kami sudah berkumpul di bawah pohon..
“iya... udah mau SMP..“ kata ray. Aku tersenyum kearah keduanya... rasanya baru kemarin aku mengenal kedua sahabatku yang kini sudah seperti saudaraku ini..
“ingat g dulu waktu kita kenalan.. kelas satu SD..?“ tanya ku sambil duduk menghadap mereka..
“inget dong... lo dulu culun banget dengen kerudung kecil warna biru“ kata cakka..
“iya inget banget,, sivia malu-malu maju ke ustad rahman.. sampai dua kali nyebut nama.. ustad g denger..“ kata ray sambil tersenyum..
“iya.. parah tuh aku... tapi yang lebih parah kalian berdua... digelandang kayak tahanan buat ngaji..“
Hahahhaah kami bertiga tertawa mengingat masa lalu.. lucu sekali rasanya.. mengingat kami main dan lari-lari bersama.. menghapal alqur’an bersama... mengingat tingkah ray yang selalu bilang “AAAAAAMMMIIIIIIIIIIIIIIIIIIN“ tiap kali kami baca al fatihah..
“eh... sekarang kita ngisi diary ini yuk...kayaknya udah saatnya diary ini kita isi bareng.“ Kataku sambil menyerahkan diary hadiah ketika kelas 5.
“mau diisi apa emangnya vi?“ tanya cakka..
“terserah…. Cita-cita.. cerita… pokoknya yang bisa tetap kita kenang waktu kita tua nanti.. “
“jiah… bahasa lo ?? baru juga tamat SD.. “ kata ray sambil mencibirku.. aku balik mencibirnya..
“yee g papa dong… kan udah gede sekarang.. udah SMP..“ kataku.
“perpisahan juga belum non!!“ kata ray sambil tersenyum. Aku manyun.. cakka hanya bisa tersenyum melihat kami berdua.. dia memang yang paling dewasa.
“yah udah kalau ray g mau.. biar aku dan cakka aja yang ngisi.. “ kata ku sambil merapat ke cakka..
“hehehe.. ngambek... payah ih.. katanya udah gede... yah udah ray ikut isi deh...“ kata ray... aku tersenyum puas..
Cakka... :
Aku.. aku bersukur punya ibu, ray, dan sivia dan adek-adek... mereka orang-orang yang paling berarti buat aku setelah aku ditinggal oleh mama dan papa... aku bahagia punya mereka... dan aku akan selalu berusaha buat ngebahagiain mereka... aku sayang semuanya.. aku suka ray yang lucu.. adek sekaligus sahabatku... aku suka ketawa-ketawa sendiri liat tingkahnya yang kocak habis... aku juga suka punya sivia yang manis banget.. dia bener-bener seperti adek perempuan kami.. lucu dan pintar.. tapi juga lembut dan manja... dia yang selalu bikin aku merasa seperti kakak dan bertanggung jawab.. dia senasib denganku.. dan aku akan selalu melindunginya...
Aku pengen banget ke jepang.. aku pengen belajar dan sekolah disana.. jepang keren banget.. aku harap suatu saat bisa kejepang.. dan aku pengen jadi orang sukses, biar bisa membantu lebih banyak orang..

Ray ... :
Aku seneng punya saudara kayak cakka dan juga sivia... cakka sudah seperti kakak kandungku.. cakka memang hebat.. dia mengajarkan aku banyak hal, tanggung jawab, kemandirian, semangat... yah walau kadang dia sedikit sensitive.. tapi aku bangga punya cakka.. dia sahabat, saudara dan juga guru bagi aku... aku juga seneng bisa kenal sama sivia.. berasa punya adek.. dia lucu banget.. walau kadang manja dan cengeng tapi dia paling baik dan ngertiin aku dan cakka… aku akan selalu menjaga saudara-saudaraku.. seperti janjiku ke ustad rahman..
Aku pengen banget jadi dokter… biar bisa mengobati banyak orang… aku mau menyehatkan seluruh orang.. g ada lagi yang sakit.. ibu sivia.. ibu… dan orang-orang yang meninggal hanya karena g bisa membayar pengobatan..
aku… :
aku benar-benar beuntung bisa kenal ray dan cakka... dulu aku merasa sendirian setelah papa meninggal.. hanya ibu yang ada... tapi.. semenjak aku kenal cakka dan ray hidupku terasa rame... mereka memang kadang nakal.. bandel.. tapi mereka baik banget... mereka selalu menjagaku.. melindungiku dari anak-anak lain yang nakal... cakka yang selalu ada sebagai kakak yang melindungiku, dia yang paling marah kalau ada yang mengagguku.. dia yang mengajarkan banyak hal kepada aku dan ray... dia yang keras kepala tapi juga lembut hatinya... ray juga hebat...dia selalu berhasil menghibur aku ketika aku sedih.. menggodaku dan membuat aku selalu bisa tersenyum... mereka benar-benar hebat.. aku sayang mereka.. aku sayang ray dan cakka...
cita-citaku... aku pengen jadi pengusaha dan penulis... aku pengen punya usaha sendiri agar aku bisa membantu ibu-ibu untuk bekerja… aku juga pengen berbegi semua cerita ke lebih banyak orang.. lebih banyak teman...
kami bertiga tertawa membaca tulisan kami yang benar-benar sok dewasa itu.. tapi dalam hati kami saling mengamini.. semoga semuanya tercapai dan kami akan terus menjadi saudara yang saling menyayangi selamanya..... kami berbaring bersama di bawah pohon itu..
......
Hari ini hari yang paling menyedihkan bagi aku, ray dan cakka dan semua orang yang ada di sini.... hari ini cakka akan pergi.. yah setelah perpisahan di sekolah tadi, cakka diajak oleh paman dari saudara ayahnya buat pindah ke bandung.. cakka g bisa nolak... karena ini memang amanat dan sudah disetujui oleh keluarga besarnya.. pamannya memang orang yang paling berada di keluarganya.. dan dia berjanji akan menyekolahkan cakka sampai kuliah.. ibu ray hanya menangis.. dia sangat sayang sama cakka,, keponakan yang sudah seperti anaknya itu.. tadinya mati-matian meminta agar cakka tetap tinggal bersamanya.. tapi g bisa.. dia memang masih banyak tanggungan.. dan semua keluarga g mau memberatkannya..
“cakka… hati-hati yah… baik-baik disana.. jangan lupa sama ibu, ray, adek-adek, yah..” kata ibu sambil memeluk cakka..
“iya bu… cakka g akan lupa sama ibu… cakka sayang ibu…” kata cakka sambil membalas pelukan ibu.
“ray…. Maaf yah… aku pergi dulu…. Jaga ibu, adek-adek dan sivia yah.. lo pasti bisa..!!” cakka memeluk ray. Ray hanya mengangguk..
“via… jangan nangis lagi yah… cakka g tenang kalau via nangis….. mulai sekarang sivia mesti kuat yah.. biar ray yang jagain sivia… jangan pernah lupa sama cakka…” kata cakka sambil menatap ku lekat matanya berkaca-kaca tapi dia mencoba tetap tegar.. aku masih menangis. Cakka mengambil tanganku.. meletakkan sebuah gantungan kunci berbentuk “Gone” (karakter kartun favorite ku di “hanter x hanter“)... aku menggenggamnya erat-erat.. cakka tersenyum ke arahku...
Aku perlahan mendekati cakka memberikan diary yang sudah kami tulis bersama... ray juga memberikan gantungan kunci yang berbentuk jepang itu kepada cakka... cakka menerimanya dengan hasa haru.. air matanya tak kuasa lagi dia bendung.. mengalir deras di pipinya.. begitu juga aku dan ray...
“semuanya.... nanti kita pasti ketemu lagi....!!“ kata cakka sambil melambaikan tanggannya dan naik ke mobil pamannya.. aku dan semuanya hanya bisa melambaikan tangan dengan airmata berlinang... cakka sudah pergi....
.......
“vi... aduh... jangan nangis dong.. pasti keinget waktu itu kan ?“ kata ray sambil menghampiriku... kami memang sudah berdiri di jalan.. jalan dimana kami melepas cakka dulu… aku menghapus airmata ku..
“aku kangen cakka….“ Kata ku pelan...
“aku juga......aku juga kangen cakka... sudah lama banget…. Sekarang kita bahkan sudah meraih semua impian masa kecil kita.. tapi ketemu sekali lagi saja belum pernah..“ ray menunduk… ray sudah jadi seorang dokter bedah sekarang. Dia baru saja mau lanjut ngambil spesialis bedah anak.. sedangkan aku.. aku sudah merintis resto dan kafe.. aku juga menulis meski serampangan... tapi aku puas.. impian kami sudah mulai kami rintis....
Cakka...... kami kangen kamu.... kamu dimana????.....
Aku dan ray masih menatap jalan itu.... menatap kemasa lalu... setelah 10 tahun perpisahan kami dengan cakka.... aku memegang “Gone“ erat-erat... dialah yang sekarang melalu menemaniku...
Jepang... Internasional Class of Engineering .... University of Tokyo..
Cakka sedang memegang Diary kecil yang sudah terlihat usang... dia selalu membawanya kemana-mana bahkan ketika dia kuliah seperti sekarang.... dia melihat dan membaca tulisannya dan kedua saudaranya ketika kelulusan SD waktu itu..…
Ray….. sivia…..aku kangen ... sekarang aku sedang meraih mimpiku… kurasa kalian juga sudah meraih mimpi kalian… suatu saat… kita pasti akan bertemu lagi…. Dan bila saat itu tiba….. kita akan tertawa lagi bersama… tersenyum bersama… dan akan bersama-sama meneriakkan…
“AKU SUDAH MERAIHNYA SAUDARAKU...!!!!!“...



28 March 2010
Dedicated to my best friend Okta Firmansyah..
Miss u so much… hope someday we will meet and say “aku sudah meraihnya saudaraku!!!”.. ^_^

*this title is inspiring by a title of a novel, “my friends,my dreams”…
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>THE END<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
Gimana pendapatnya?? Makin bagus g nulisnya? Tolong saran dan kritiknya yah… masih akan terus belajar biar bisa jadi lebih baik… luv u all.. ^0^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar