Pages

Kamis, 22 April 2010

belajar nulis....... evaluasi nih..

saya baru belajar nulis nih, nah ini beberapa hal yg suka jadi kekurangan saya, biar g lupa d catet aj dah biar inget..

1. penulisan,suka salah ketik,, human eror biasalah..saya juga suka agak alay ngegunain tanda baca,.

kt k tami: kebiasaan nulis banyak titik diakhir kalimat,. jadi mesti dkurangin tuh.

kt aditya mulya: nulis cerita fiksi yg nyantai n gaul jg mesti merhatin penulisannya.

kata lia, k nasa, k tri, jeha n yg pernah koment d diskas ttg cerita yg baik : g alay! pokoknya g susah dibaca dah.

2. alursaya suka nganeh klo bikin alur, ska maju tapi tiba2 pengen bolak-balik..

kt bg uki: awalnya pengen protes sm alurnya yg bikin pusing, tp klo ceritanya da selesai bru jelas dah..

jadi mesti belajar lg biar pembaca g pusing. kasihan hehe... tp alur yg gtu gpp jg klo normal n g bikin pusing.

3. penokohan..nah in yang susah.

kt k tami: cba bka blog-nya aditya mulya spy ngebantu penokohannya.

kt k3 : tokohnya mirip sm cerita lain, tp yg skg udah beda kok.kt intan : cerbung yg skg penokohanya kurang kuat.hm, susah memang kayaknya..

dan ini PR besar saya! akan terus belajar nih.

4. deskripsihua in jg susah..

kt k3: kebanyakan dialog, deskripsinya kurang.. cba lebih dseimbangin.

kt bg uki: cerita itu kan kuncinya biar pembaca seolah2 ada dsna dan jg merasakannya,,

kt bku yg dbc bg uki: deskripsi yg bagus itu yang paling rendah tingkat abstraksinya.. hm, jadi saya jg punya satu PR besar lg nih..

5. yg kelima itu ide cerita.

kt aditya mulya: ad 2 hal pnting yg bikin org bc tulisan lo. cara penyampaian lo dan ide cerita lo.

kt temen2 yg komet d diskas tentang cerita yg bagus: yang ceritanya berani beda dari yang lain..

6. scene,saya suka banget tuh dalam stu part adegannya banyak dan tokohnya beda2..hehe...

kt k3: cuma cerita kamu suka ganti2 cerita tokoh gitu jd agak pusing.

kt yg koment di sorry prolog : hm, terlalu banyak cerita tokohnya dalam part ini, jadi rada bingung.

kt k tami: hua kamu banyak banget ngasih scene dalem 1 part klo g salah hitung ad 5 scene, coba sedikit di irit.dan saya sedang belajar nih, semoga aj bisa lebih baik..

hm, jadi mesti lebih kreatif nih..

kira2 begitulah evaluasi saya tentang pelajaran menulis saya. semoga bisa lebih baik lg nulisnya. karena saya memang pengen jadi penulis. amin semoga bisa..buat temen2 sesama penulis kalau ad saran, kritik dan tips lg tolong ditambahin yah..

sankyu. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar