Pages

Minggu, 02 Mei 2010

belajar nulis....... evaluasi nih.. 2

Oke kali ini mau share tentang belajar menulis saya lagi. Maaf yah belum sempet nulis cerpen lagi, soalnya saya lagi konsen sama ngerjain cerbung di ICL. Yah lagi belajar gitu deh. Soalnya seperti yang kalian tahu saya itu baru belajar nulis jadi banyak banget yang mesti dibenahin.
Kalau saya baca-baca lagi tulisan saya, masih sangat jauh dari kata bagus sebenarnya dari sisi penulisan. Banyak kekurangan yang saya punyai. Contohnya deskripsi. Sumpah itu susah banget….

Saya tipe yang spontan dan to do point yang cuma bakal bilang “menangis” bukannya yang bilang “air matanya mengalir di kedua pipinya membentuk aliran sungai bening yang memancarkan kesediahan, dia mencoba menahan kesediahan dengan menggigit bibirnya..”
Itu salah satu kekurangan saya, tingkat abstraksi dari tulisan saya itu sangat tinggi, ambiguitasnya juga, dan itu menuntut saya untuk terus belajar.

Selanjutnya itu yah alur saya, susah banget rasanya saya membentuk alur yang bagus, cerita saya cenderung berantakan gak tentu arah sampai ketika tamat. Makanya setiap mau ending baru deh sibuk jelasin semuanya, lewat diary lah, lewat kata-kata batinlah, pokoknya ngasih pengertian ulang gitu.. enak kalau pembaca tulisan saya itu bisa ngerti, tapi kalau cerita saya terus gini bukan gak mungkin bakal pada yang males ngebacanya.

Oh iya ini elemen paling penting dari pelajaran tulis-menulis saya.
Kak tami sempet bilang ke saya lewat email kalau cerita saya itu ibarat steak yang dihidangkan seadanya di piring plastic. Yah isinya bagus tapi penyampaiannya bikin kurang sreg,..

Saya sih open banget sama kritik membangun kayak gini. Yang perlu saya benahin itu yah penulisan yang masih suka banget salah ketik, trus penggunaan kata asing yang suka gak tepat, trus singkatan-singkatan yang nganeh plus ngeganggu. Selain penulisan, saya juga mesti belajar nata alur tadi, konfliknya mesti dirapiin deh kayaknya, dan penyampaiannya itu mesti ngena juga gak asal-asalan aja.

Saya juga baca tulisan-tulisan temen-temen dan saya terkadang nemuin kekurangan mereka, tapi susah banget nemuin kekurangan saya.. makanya saya pengen di koreksi juga sih. Semoga saja mulai sekarang bisa lebih welcome sama kritik.

Mesti jadi lebih dewasa dan bijak kalau mau maju.

Terima dengan senang hati aja kalau ada kritik yang masuk, kalau dirasa benar dan bisa bikin lebih baik lagi yah dipraktekin dong.. harus ma uterus belajar!!

Oke, sekarang mesti semangat!!! Berharap dalam waktu dekat bisa nulis cerpen lagi, tapi dengan lebih baik dan lebih professional… start dreaming!! ^^

2 komentar:

  1. FYI, my new blog: khlasht.blogspot.com/ *permisi, numpang promosi* hehehehehe

    BalasHapus
  2. hohoho oke... kak bikin link juga yah,,, biar bisa klik2 aja gitu.. gege banyak pintaan anak mudo.

    but thanks berat..
    suka layoutnya ^^

    BalasHapus